Diet Terbaik


Apakah kamu merasa kurang nyaman dengan tubuh kamu? Apakah kamu sering merasa kembung, tidak enak badan dan mengalami perut buncit? Atau, kamu tetap merasa timbanganmutidak pernah turun walau kamu sudah berusaha makan sesedikit mungkin?
Mungkin jawabannya adalah karena kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam/ acid.
O.K, sebelum kita bicara lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui dulu kebutuhan tubuh kita.
Tubuh kita 70% terdiri dari cairan. Dan cairan di tubuh kita mengandung asam (acid) dan basa(alkaline). Kita harus menjaga keseimbangan kadar alkaline dan basa atau menjaga pH (power of Hydrogen) di dalam tubuh kita agar metabolisme di dalam tubuhkita berjalan dengan sempurna. pH di dalam tubuh kita penting dijaga keseimbangannya untuk menjaga kita dari berbagai penyakit, alergi, stress, atau untuk mendapatkan berat badan yang ideal.
Idealnya tubuh kita membutuhkan 70% alkaline dan 30% acid, perbandingan 60% alkaline dan 40% acid masih dianggap baik.
BAGAIMANA MENGETAHUI KADAR ACID DALAM TUBUH KITA?
Jika kita tidak mau repot pergi tes ke laboratorium, kita bisa mengetahui seberapa tinggi dan rendah kadar acid dalam tubuh kita dengan menggunakan kertas lakmus atau litmus paper yang bisa dibeli di apotik-apotik besar. Cara menggunakannya mudah. Saat kita bangun tidur pada pagi hari, sebelum minum dan makan apa pun teteskan air liur pada kertas lakmus, atau air seni pertama pada pagi hari. Jika warna kertas lakmus semakin merah artinya kadar asam kita tinggi, dan apabila kertas lakmusberwarna biru atau keunguan adalah sebaliknya. Tapi untuk lebih akurat ada baiknya kita juga menggunakan tabel warna yang dapat menunjukan kadar keasaman secara akurat. Kadar pH balance yang sehat adalah kisaran 7,35-7,45, dan 7 adalah netral. Apabila kisarannya di bawah atau di atas itu artinya tubuh kita bermasalah.
DI MANAKAH KITA BISA MENEMUKAN ALKALINE DAN ACID?
Pertanyaan berikutnya, bagaimana kita menyeimbangkan kadar alkaline dan kadar acid dalam tubuh kita? Jawabannya adalah dari makanan yang kita konsumsi.
Pada dasarnya setiap makanan yang kita jumpai mengandung alkaline dan acid, tapi ada yang mengandung acid lebih banyak atau alkaline lebih banyak. Oleh karena itu kita harus memilih makanan yang masuk ke mulut kita dengan baik.
MAKAN ALKALINE LEBIH BANYAK
Setelah membaca dan mempelajari berbagai metode diet, saya memahami bahwa semua makanan yang disarankan untuk diet yang baik, adalah makanan yang mengandung sedikit acid dan mengandung banyak alkaline. Sebagai contoh,kebanyakan metode diet menyarankan kita untuk menjauhi daging merah dan memakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Nasehat ini menjadi sangat masuk akal bagi saya ketika saya mengetahui bahwa kandungan acid pada daging merah sangat tinggi! Dan kandungan alkaline pada sayuran dan buah-buahan sangat tinggi, sehingga itu menjadi hal yang baik.
Jika mau mengetahui kadar alkaline dan acid pada makanan, kita bisa menggunakan tes keasaman dengan kertas lakmus seperti yang kita lakukan pada air liur kita. Tapi semenjak para ilmuwan telah meneliti tingkat keasaman pada makanan dan membuat daftarnya kita tidak perlu repot-repot melakukan tes tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►